Koordinator Humas Posko Induk

Humas Posko Induk Bencana : Kami Telah Publikasikan Semua Aktivitas Penanganan Bencana Secara Luas.

Koordinator Humas Posko Induk Bencana Kabupaten Jayapura, Doddy Sambodo menjelaskan bahwa, penanganan Bencana di Kabupaten Jayapura sudah sangat transparan dan sangat terbuka, semuanya dipublikasikan ke public secara terus menerus dan berkala, baik melalui media cetak, media elektronik local maupun nasional, bahkan dari media luar negeri juga diberikan informasinya secara berkala, termasuk melalui media social online.

“Untuk memudahkan publikasi, kami membuat group-group di Whatsapp, baik itu group khusus wartawan (media), group info bencana, bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tentang bencana, baik yang ada di Kabupaten Jayapura maupun di daerah lain kami masukkan dalam group ini, group koordinator Pos Pengungsi dan group Tim Penanganan Bencana Kabupaten Jayapura” kata Doddy.

“Saya melibatkan lebih dari 30 anggota/staf saya untuk membantu tugas-tugas di Humas Posko Induk, dan mereka bekerja dengan sungguh-sungguh tidak mengenal waktu, mengumpulkan data-data pengungsi, data-data korban, data-data logistic, mengikuti rapat-rapat dan semua aktivitas penanganan korban bencana, bahkan melayani media massa, para wartawan lokal maupun nasional, mempublikasikan semua yang terkait dengan penanganan bencana” jelas Doddy Sambodo yang juga merupakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura.

personel humas posko induk

“Kami bekerjasama dengan Polres Jayapura maupun Polda Papua membuat Media Center yang tujuannya untuk melayani kebutuhan informasi tentang bencana kepada siapa saja yang membutuhkan” tambah Doddy.

“kami juga siapkan ruang/tempat khusus bagi para awak media di media center tersebut yang dilengkapi dengan fasilitas internet dan sebagainya, bahkan kepada wartawan kami berikan uang transport serta biaya publikasi di media masing-masing untuk membantu kami mempublikasikan rilis yang kami buat secara berkala.” Ungkap Doddy.

“Jadi bagaimana mungkin dikatakan penanganan bencana tidak transparan? Sementara wartawan ada disitu dan selalu diberikan data” jelas Doddy.

“Kalaupun yang ditulis adalah hasil wawancara, seharusnya mereka juga bisa memberi informasi atas apa yang pernah ditulis sebelumnya. Karena pada masa tanggap darurat, kami selalu  mengupdate data 2-3 jam sehari dan kami kirim ke semua” Tambah Doddy.

Untuk mengetahui semua data-data terkait penanganan bencana Kabupaten Jayapura, dapat diakses melalui website info Bencana http://infobencana.jayapurakab.go.id  yang dibuat khusus agar data dapat terdokumentasi dengan baik dan dapat diakses oleh publik.

“Jadi apa yang dikatakan Pak Sumartono tadi sangat tepat, bahwa Bupati Jayapura telah mengkoordinir semua ini dengan baik, tanggap dan cepat, ketersediaan data dan publikasi terus menerus dan meluas serta tidak menimbulkan kegaduhan ataupun gangguan-gangguan keamanan seperti penjarahan dan sebagainya. Itulah mengapa pihak lain memberikan apresiasi Kepada Bupati atas penanganan bencana di Kabupaten Jayapura.”

“Seharusnya kita bangga, Bupati kita, Orang Asli Papua mampu mengkoordinasikan semua dengan baik, berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan mendapat apresiasi dari pihak luar atas kinerjanya, apalagi ini penanganan bencana. Seharusnya kita punya hati untuk mendukung penuh dan juga memberi apresiasi kepada Bupati Jayapura dan Jajarannya dalam penanganan bencana ini. Kalaupun ada kekurangan di sana-sini, mari kita sama-sama , memperbaikinya. Hilangkan interes pribadi dan perbedaan-perbedaan pandangan terutama pandangan politik, karena kita baru saja berduka, masyarakat kita berduka. Pemulihan dari bencana ini bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi tugas semua komponen yang ada. Daripada kita saling menyalahkan dan saling menghujat, lebih baik kita bergandengan tangan, karena ini momen yang baik untuk kita bangkit” Tutup Doddy Sambodo.

1 thought on “Humas Posko Induk Bencana : Kami Telah Publikasikan Semua Aktivitas Penanganan Bencana Secara Luas.

  1. Reply

    […] Baca Selanjutnya Humas Posko Induk Bencana, Kami Telah Publikasikan Semua Aktivitas Penanganan Bencana Secara Luas. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top