Rapat koordinasi penanganan bencana

Bupati Jayapura, Semua Proses Penanganan Bencana Berjalan Sesuai Alur dan Mekanisme Yang Sudah Drencanakan

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., menyikapi positif dan tenang untuk semua pertanyaan masyarakat atas proses penyaluran bantuan kemanusiaan ­­pasca bencana Banjir Bandang dan Meluapnya Air Danau Sentani 16 Maret 2019 yang melanda Sentani dan beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura menjelaskan bahwa penanganan bencana sudah sesuai dengan Peraturan dan perundangan yang berlaku. Transparansi juga sudah dilaksanakan secara maksimal, sebab secara berkala dan terus menerus semua dipublikasikan melalui media secara transparan.

“Saat ini dalam tahapan masa transisi darurat menuju pemulihan, semua proses berjalan sesuai alur dan mekanisme yang telah direncanakan,” ujar Bupati Mathius Awoitauw.

Bupati menjelaskan bahwa dana bantuan bencana dikawal BPKP Perwakilan Papua,  LO BNPB, dan Inspektorat. Bahkan dalam  tahapan  tanggap darurat semua proses telah  dipublikasikn lewat media massa tiap hari,

“Dalam proses pemulihan tidak banyak melibatkan pihak ketiga, karena untuk proyek fisik misalnya langsung dikoordinasikan dengan Perangkat Daerah Tekhnis misalnya Balai Jalan, BPBD  untuk penanganan bencana dan lainnya, sehingga memang sangat terbatas dan sangat ketat.” Tutup Bupati Jayapura.

 

Selanjutnya Sumartono, Penanganan Bencana Kabupaten Jayapura diawasi dan direview langsung oleh BPKP, Inspektorat dan BNPB Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top