Thimotius Demetouw

Assisten III, Yayasan Budha Tsu Chi Berjanji Akan Bantu Bangun 500 Rumah

Assisten III Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Thimotius Demetouw, mengatakan Yayasan Budha Tsu Chi berkomintmen akan membantu membangunkan 500 unit rumah untuk hunian tetap bagi korban bencana alam Kabupaten Jayapura.

” Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Jayapura terus bekerja memutar otak bagaimana agar seluruh masyarakat yang menjadi korban bencana bisa tertangani secara maksimal, antara lain penyiapan dan penyediaan Hunian sementara maupun hunian tetap bagi korban bencana.” ungkap Demetouw.

” Berdasarkan¬† hasil survey, pembahasan dan rapat-rapat koordinasi, diperoleh kesimpulan bahwa sebenarnya Kota Sentani ini tidak layak lagi bila dikembangkan sebagai hunian kota, sebab kota Sentani berada di bawah kaki pegunungan cycloop, yang rawan terjadi bencana. Hal ini menjadi focus perhatian Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam mengambil kebijakan relokasi korban bencana.” tambah Demetouw.

Pria yang akrab dipanggil Timo ini menambahkan “Salah satu lahan yang sedang di bahas untuk lokasi relokasi korban bencana adalah di daerah kemiri, yaitu di lahan yang sekarang menjadi hutan kota. Namun terbentur masalah sengketa hak kepemilikan adat antara Ondofolo Jhon Suebu dan Ramses Felle.”

” Kedua pihak sampai saat ini sama-sama mengklaim tentang kepemilikan lahan, dan mempertahankan batas-batas.” tambah Timo

Sementara itu, pihak Yayasan Budha Tsu Chi mengatakan bahwa siap membantu untuk membangunkan 500 unit rumah yang akan dijadikan Hunian Tetap, apabila sengketa lahan bisa diselesaikan, sudah ada pelepasan adat dan punya sertifikat. Kalau persyaratan itu sudah ada, pihak Yayasan akan menjamin untuk membangun 500 unit rumah untuk korban bencana.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top